Ayub 4:5
4:5 tetapi sekarang, dirimu yang tertimpa, dan engkau kesal,
dirimu terkena,
dan engkau terkejut.
Ayub 5:19
5:19 Dari enam macam kesesakan engkau diluputkan-Nya
dan dalam tujuh macam engkau
tidak kena malapetaka.
Ayub 6:17
6:17 yang surut pada musim kemarau, dan menjadi kering di tempatnya apabila kena panas;
Ayub 7:10
7:10 Ia tidak lagi kembali ke rumahnya, dan tidak dikenal lagi
oleh tempat tinggalnya.
Ayub 8:22
8:22 Pembencimu akan terselubung dengan malu,
dan kemah
orang fasik akan tidak ada lagi.
"
Ayub 9:19
9:19 Jika mengenai kekuatan tenaga, Dialah yang mempunyai!
Jika mengenai keadilan, siapa dapat menggugat Dia?
Ayub 10:11
10:11 Engkau mengenakan kulit dan daging kepadaku, serta menjalin
aku dengan tulang dan urat.
Ayub 12:5
12:5 Penghinaan
bagi orang yang celaka
1 , --demikianlah pendapat orang yang hidup aman--suatu pukulan bagi orang yang tergelincir
kakinya.
Ayub 12:18
12:18 Dia membuka belenggu
yang dikenakan oleh raja-raja dan mengikat pinggang
mereka dengan tali pengikat.
Ayub 13:19
13:19 Siapa mau bersengketa dengan aku?
Pada saat itu juga aku mau berdiam
diri dan binasa.
Ayub 13:25
13:25 Apakah Engkau hendak menggentarkan
daun
yang ditiupkan angin, dan mengejar
jerami
yang kering?
Ayub 15:27
15:27 Mukanya telah ditutupinya dengan lemak, dan lapisan lemak
dikenakannya pada pinggangnya;
Ayub 16:15
16:15 Kain kabung
telah kujahit pada kulitku, dan tandukku kumasukkan ke dalam debu;
Ayub 17:10
17:10 Tetapi kamu sekalian, silakan datang kembali! Seorang yang mempunyai hikmat takkan kudapati di antara kamu!
Ayub 18:9
18:9 Tumitnya tertangkap
oleh jebak,
dan ia tertahan oleh jerat.
Ayub 18:15
18:15 Dalam kemahnya
tinggal apa yang tidak ada sangkut pautnya dengan dia, di atas tempat kediamannya ditaburkan belerang.
Ayub 18:20
18:20 Atas hari ajalnya
orang-orang di Barat akan tercengang,
dan orang-orang di Timur akan dihinggapi ketakutan.
Ayub 20:6
20:6 Walaupun keangkuhannya
sampai ke langit
dan kepalanya mengenai awan,
Ayub 20:22
20:22 Dalam kemewahannya yang berlimpah-limpah ia penuh kuatir;
ia ditimpa
kesusahan dengan sangat dahsyatnya.
Ayub 20:25
20:25 Anak panah itu tercabut dan keluar dari punggungnya, mata panah yang berkilat itu keluar dari empedunya: ia
menjadi ngeri.
Ayub 23:2
23:2 "Sekarang ini keluh kesahku
menjadi pemberontakan,
tangan-Nya menekan aku, sehingga aku mengaduh.
Ayub 23:6
23:6 Sudikah Ia mengadakan perkara dengan aku dalam kemahakuasaan-Nya?
Tidak, Ia akan menaruh perhatian kepadaku.
Ayub 24:15
24:15 Orang yang berzinah
menunggu senja,
pikirnya: Jangan seorangpun melihat aku;
lalu dikenakannya tudung muka.
Ayub 24:19
24:19 Air salju
dihabiskan oleh kemarau dan panas, demikian juga dilakukan dunia orang mati
terhadap mereka yang berbuat dosa.
Ayub 27:11
27:11 Aku akan mengajari kamu tentang tangan Allah, apa yang dimaksudkan
oleh Yang Mahakuasa tidak akan kusembunyikan.
Ayub 27:17
27:17 sekalipun ia yang menumpuknya,
namun orang benar yang akan memakainya,
dan orang yang tidak bersalah yang akan membagi-bagi uang
itu.
Ayub 29:14
29:14 aku berpakaian kebenaran
dan keadilan menutupi aku seperti jubah dan serban;
Ayub 31:9
31:9 Jikalau hatiku tertarik
kepada perempuan,
dan aku menghadang di pintu sesamaku,
Ayub 31:27
31:27 sehingga diam-diam hatiku terpikat,
dan menyampaikan kecupan tangan
kepadanya,
Ayub 31:29
31:29 Apakah aku bersukacita karena kecelakaan
pembenciku, dan bersorak-sorai, bila ia ditimpa
malapetaka
Ayub 31:36
31:36 Sungguh, surat itu akan kupikul,
dan akan kupakai bagaikan mahkota.
Ayub 33:11-13
33:11 Ia memasukkan kakiku ke dalam pasung,
Ia mengawasi segala jalanku.
33:12 Sesungguhnya, dalam hal itu engkau tidak benar, demikian sanggahanku kepadamu, karena Allah itu lebih dari pada manusia.
33:13 Mengapa engkau berbantah dengan Dia,
bahwa Dia tidak menjawab segala perkataanmu?
Ayub 34:6-7
34:6 kendati aku mempunyai hak aku dianggap berdusta,
sekalipun aku tidak melakukan pelanggaran,
lukaku
tidak dapat sembuh lagi.
34:7 Siapakah seperti Ayub, yang minum hujatan terhadap Allah seperti air,
Ayub 34:28
34:28 sehingga mereka menyebabkan jeritan orang miskin naik ke hadapan-Nya, dan Ia mendengar jeritan orang sengsara.
Ayub 34:31
34:31 Tetapi kalau seseorang berkata kepada Allah: Aku telah menyombongkan diri,
tetapi aku tidak akan lagi berbuat jahat;
Ayub 35:8
35:8 Hanya orang seperti engkau
yang dirugikan oleh kefasikanmu dan hanya anak manusia
yang diuntungkan oleh kebenaranmu.
Ayub 36:6
36:6 Ia tidak membiarkan orang fasik hidup,
tetapi memberi keadilan
kepada orang-orang sengsara;
Ayub 36:8
36:8 Jikalau mereka dibelenggu dengan rantai,
tertangkap dalam tali kesengsaraan,
Ayub 36:15
36:15 Dengan sengsara
Ia menyelamatkan orang sengsara,
dengan penindasan
Ia membuka telinga mereka.
Ayub 36:19
36:19 Dapatkah teriakanmu meluputkan engkau dari kesesakan, ataukah seluruh kekuatan
jerih payahmu?
Ayub 36:21
36:21 Jagalah dirimu, janganlah berpaling kepada kejahatan,
karena itulah sebabnya engkau dicobai oleh sengsara.
Ayub 36:32
36:32 Kedua tangan-Nya diselubungi-Nya dengan kilat petir dan menyuruhnya menyambar sasaran.
Ayub 38:9
38:9 ketika Aku membuat awan menjadi pakaiannya dan kekelaman
menjadi kain bedungnya;
Ayub 38:33
38:33 Apakah engkau mengetahui hukum-hukum
bagi langit?
atau menetapkan pemerintahannya di atas bumi?
Ayub 39:10
39:10 (39-13) Dapatkah engkau memaksa lembu hutan mengikuti alur bajak dengan keluan,
atau apakah ia akan menyisir tanah lembah mengikuti engkau?
Ayub 39:19
39:19 (39-22) Engkaukah yang memberi tenaga
kepada kuda? Engkaukah yang mengenakan surai pada tengkuknya?
Ayub 39:23
39:23 (39-26) Di atas dia tabung
panah gemerencing, tombak dan lembing
gemerlapan;
Ayub 40:10
40:10 (40-5) Hiasilah dirimu dengan kemegahan dan keluhuran, kenakanlah keagungan dan semarak!
Ayub 40:19
40:19 (40-14) Dia yang pertama dibuat Allah,
makhluk yang diberi-Nya bersenjatakan pedang;
Ayub 41:2
41:2 (40-21) Dapatkah engkau mengenakan tali rotan pada hidungnya,
mencocok rahangnya dengan kaitan?
Ayub 41:11
41:11 (41-2) Siapakah yang menghadapi Aku, yang Kubiarkan tetap selamat?
Apa yang ada di seluruh kolong langit, adalah kepunyaan-Ku.
Ayub 41:26
41:26 (41-17) Bila ia diserang dengan pedang, ia tidak mempan, demikian juga dengan tombak, seligi atau lembing.
Ayub 42:7-8
Keadaan Ayub dipulihkan
42:7 Setelah TUHAN mengucapkan firman itu
2 kepada Ayub,
maka firman TUHAN kepada Elifas, orang Teman: "Murka-Ku menyala terhadap engkau dan terhadap kedua sahabatmu,
karena kamu tidak berkata benar tentang Aku
3 seperti hamba-Ku Ayub
4 .
42:8 Oleh sebab itu, ambillah tujuh ekor lembu jantan dan tujuh ekor domba jantan
dan pergilah kepada hamba-Ku Ayub
5 ,
lalu persembahkanlah semuanya itu sebagai korban bakaran
untuk dirimu, dan baiklah hamba-Ku Ayub meminta doa untuk kamu, karena hanya permintaannyalah
yang akan Kuterima, supaya Aku tidak melakukan aniaya terhadap kamu,
sebab kamu tidak berkata benar tentang Aku seperti hamba-Ku Ayub.
"
1 Full Life: PENGHINAAN BAGI ORANG CELAKA.
Nas : Ayub 12:5
Ayub menyalahkan cara orang kaya sering berpikir. Mereka memandang
rendah kaum miskin dan kekurangan serta membenarkan sikap kurang simpatik
mereka dengan beranggapan bahwa orang malang itu sendiri telah mendatangkan
kesengsaraan atas dirinya. Pada saat bersamaan, mereka yang kaya itu "hidup
aman" dengan gaya hidup mereka karena percaya bahwa Allah telah mengganjar
mereka karena iman dan kebenaran mereka. Kedua anggapan ini salah, karena
ada sangat banyak perkecualian di antara warga negara kerajaan Allah.
2 Full Life: SETELAH TUHAN MENGUCAPKAN FIRMAN ITU.
Nas : Ayub 42:7
Walaupun kitab Ayub tidak pernah memberikan penyelesaian yang
menentukan mengenai persoalan penderitaan yang tidak sepantasnya dialami
orang benar, jawaban akhirnya tidak dijumpai dalam pemikiran teologis,
tetapi dalam suatu perjumpaan pribadi di antara Allah dengan penderita yang
setia.
- 1) Hanya kehadiran pribadi dari Allah akan mendatangkan kepercayaan
akan kasih karunia dan maksud-Nya bagi kehidupan kita. Allah mengutus
Roh Kudus sebagai Penolong dan Penasihat
(lihat cat. --> Yoh 14:16)
[atau ref. Yoh 14:16]
bagi mereka yang percaya kepada Kristus.
- 2) Kehadiran Allah ini melalui Roh Kudus mengajarkan kita bahwa kita
dapat mempercayai kasih Allah, baik di tengah keadaan yang sulit maupun
berkat. Melalui kehadiran Kristus kita memperoleh keyakinan bahwa Allah
ada di pihak kita dan bahwa Dia mengusahakan yang terbaik bagi kita
(lihat cat. --> Rom 8:28).
[atau ref. Rom 8:28]
3 Full Life: KAMU TIDAK BERKATA BENAR TENTANG AKU.
Nas : Ayub 42:7
Tuhan menghukum ketiga sahabat Ayub atas teologi kemakmuran dan
penderitaan mereka yang salah, teologi yang tampak dalam tuduhan mereka
kepada Ayub. Ketiga kesalahan utama mereka adalah:
- 1) Mereka mengajarkan prinsip balas jasa dalam hal kemakmuran dan
penderitaan -- bahwa yang benar akan senantiasa diberkati dan yang fasik
senantiasa mengalami kemalangan
(lihat cat. --> Yoh 9:3).
[atau ref. Yoh 9:3]
- 2) Mereka mendorong Ayub untuk mengakui suatu dosa yang tidak dibuatnya
supaya ia dapat lolos dari penderitaannya dan menerima berkat Allah
lagi. Dengan nasihat itu mereka mencobai Ayub untuk memakai Allah demi
keuntungan pribadi. Jikalau mengikuti nasihat mereka, Ayub akan
- (a) mencemarkan kepercayaan Allah pada dirinya, dan
- (b) memperkuat tuduhan Iblis bahwa Ayub hanya takut akan Allah
karena berkat dan keuntungan yang diperolehnya.
- 3) Mereka telah berbicara dengan angkuh ketika menyatakan bahwa Allah
mendukung beberapa doktrin dan teologi mereka yang salah.
4 Full Life: BENAR ... SEPERTI HAMBA-KU AYUB.
Nas : Ayub 42:7
Allah menyatakan bahwa apa yang dikatakan Ayub itu benar. Allah
tidak bermaksud bahwa segala sesuatu yang dikatakan Ayub itu sungguh tepat,
tetapi bahwa tanggapan Ayub kepada ketiga temannya sangat jujur di hadapan
Allah dan sikapnya berkenan kepada-Nya. Allah kadang-kadang mengizinkan
kesalahan di dalam doa-doa kita dan membiarkan kita meragukan
jalan-jalan-Nya jikalau hati kita sungguh-sungguh berserah kepada Dia dalam
komitmen sejati.
5 Full Life: HAMBA-KU AYUB.
Nas : Ayub 42:8
Allah menyebut Ayub "hamba-Ku" (ayat Ayub 42:7-8) dan dua kali
menyatakan bahwa doanya diterima (ayat Ayub 42:8-9). Ayub dipulihkan
sepenuhnya kepada perkenan Allah dan diberikan kekuasaan rohani dengan
Allah. Allah akan mendengar doa syafaat Ayub bagi ketiga sahabatnya karena
kedudukan Ayub yang benar di hadapan Allah (ayat Ayub 42:8-9).